google-site-verification=0bAlBfA_h-oE4RTJMsE2BAHw-LQGXaQylfUivuPOmMU

Selamat Datang

SELAMAT DATANG DI LUNANG ROJER - KABUPATEN PESISIR SELATAN - SUMATERA BARAT - INDONESIA

kalimat motivas

Tidak ada orang yang Pintar.......
Yang ada orang tahu lebih dulu

Thursday, February 25, 2016

Tips cara aman melihat mengamati gerhana matahari...





ada banyak tips dan cara untuk melihat gerhana matahari supaya aman bagi kesehatan mata. Seperti yang sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya (klik disini),  tapi untuk menambah wawasan disini akan saya sampaikan beberapa hal lagi, dengan tujuan agar kita punya beberapa pilihan.

Nah... ini beberapa pilihan cara aman melihat gerhana matahari:


Pilihan pertama:
memakai kacamata anti silau (kacamata khusus filter cahaya matahari).

jika dirasa sulit untuk menemukan kacamata khusus filter cahaya matahari, anda bisa memakai kacamata las yg biasa dipakai tukang las, bisa minjam atau beli di toko-toko alat konstruksi.

dan bila barang tersebut tidak anda temukan juga, bisa memakai berlapis-lapis kaca film yang biasa dipakai pada mobil, syaratnya tes terlebih dahulu melihat api las, kalau silau, tambah lagi lapisan kaca tersebut, nah...jika melihat api las sudah tidak silau, kaca film bisa anda gunakan.

Sebenarnya banyak (kaca) yang bisa dipakai untuk melihat cahaya matahari secara langsung, yang penting tes dahulu melihat api las jika tidak silau maka itu cukup untuk dipakai melihat gerhana matahari maupun sinar matahari dihari-hari biasa. 


Pilihan kedua:
Dengan cara melihat bayangan gerhana matahari diatas air, dikolam air yang tenang misalnya. 


Pilihan ketiga:
Atau memasang layar diruangan yang gelap (buat kotak atau bisa juga dalam ruangan kamar) yang mana ruangan tersebut diberi lubang arah matahari agar cahaya gerhana dapat masuk tertangkap layar, dan kita dapat melihat layar tersebut. 


Demikian semoga bermanfaat

logoblog